STUDI KOMPARATIF MODEL KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DAN PMR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Risalatul Khusna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik dari model pembelajaran  kontekstual dengan strategi REACT dan model pembelajaran PMR terhadap komunikasi matematis siswa kelas VII SMP  Negeri 1 Tempuran. Sampel penelitian  ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan VII C sebagai kelas eksperimen II . Sebelum diberi perlakuan, kedua sampel harus memenuhi syarat uji, yaitu meliputi uji normalitas, uji homogenitas data awal dan uji keseimbangan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah  metode dokumentasi dan  metode tes. Instrumen  penelitian  berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Uji hipotesis yang digunakan adalah  uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan strategi  REACT lebih baik dari model pembelajaran dengan PMR terhadap komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 1 Tempuran. Sehingga model pembelajaran  kontekstual dengan strategi REACT dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran di SMP.

Kata Kunci: Kontekstual, PMR, Komunikasi Matematis.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.