STUDI KOMPARATIF MODEL KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DAN PMR TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik dari model pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT dan model pembelajaran PMR terhadap komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan VII C sebagai kelas eksperimen II . Sebelum diberi perlakuan, kedua sampel harus memenuhi syarat uji, yaitu meliputi uji normalitas, uji homogenitas data awal dan uji keseimbangan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT lebih baik dari model pembelajaran dengan PMR terhadap komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 1 Tempuran. Sehingga model pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran di SMP.
Kata Kunci: Kontekstual, PMR, Komunikasi Matematis.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.