PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (assosiatif) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,10 (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,33 (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman dimana dan thitung = 13,19 (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama terhadap hasil belajar kognitif dimana dan Fhitung = 21,47.
Kata kunci: kemampuan metakognitif, kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar kognitif.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.