PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN ILUSTRASI VISUAL UNTUK SISWA SMP

Arohman Taufik, Riawan Yudi Purwoko, Puji Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKS yang layak digunakan oleh siswa SMP serta mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan sehingga LKS layak digunakan untuk pembelajaran siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual memenuhi kriteria valid diperoleh dari skor ahli media sebesar 4,08 dan ahli materi 4,60. Memenuhi kriteria kepraktisan diperoleh dari ahli media dan ahli materi menyatakan LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual dapat digunakan tanpa revisi. Memenuhi kriteria keefektifan ditunjukkan persentase ketuntasan belajar sebesar 56,25% dan angket respon siswa berkreteria respon positif. Sehingga dengan adanya LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual diharapkan siswa dapat terbantu dalam menyelesaiakan soal-soal pemecahan masalah.

 

Kata kunci: LKS, pemecahan masalah, ilustrasi visual.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.