PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI MENGGUNAKAN MODEL IMPROVE BERBANTUAN PROGRAM WINGEOM

Nindyati Listianita, Bambang Priyo Darminto, Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar matematika materi bangun ruang menggunakan model Improve berbantuan program Wingeom. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket minat, catatan lapangan, dan soal tes evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa masih malu untuk maju, belum berani menanggapi, cenderung diam, dan banyak mengobrol. Pada siklus II banyak siswa sudah berani maju menjawab pertanyaan atas kemauan sendiri, berani menanggapi jawaban, dan berani bertanya. Prestasi belajar matematika juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, lima siswa memperoleh nilai di bawah KKM, pada siklus II seluruh siswa telah memperoleh nilai di atas KKM.

 

Kata kunci: minat, prestasi, Improve, Wingeom


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.