PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Sutarno Sutarno, Teguh Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Snowball Throwing menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Jigsaw pada materi ajar bangun datar terhadap siswa kelas VII di SMP Negeri III Binangun tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda. Sebelum dilakukan pembelajaran, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dan uji keseimbangan menggunakan statistik uji-t. Setelah pembelajaran dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett uji hipotesis dengan statistik uji-t dengan α = 0.05. Hasil dari analisis uji hipotesis dengan α = 0.05 menghasilkan thitung = 1.621, ttabel = 1.645 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak karena tobs ≤ ttabel. Kesimpulannya yaitu prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tidak lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi ajar bangun datar terhadap siswa kelas VII di SMP Negeri III Binangun tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Snowball Throwing, Jigsaw, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.