EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Fery Iswarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara dua model yaitu model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model konvensional, pada sub pokok bahasan segitiga siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo pada tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Kedua uji  tersebut menggunakan taraf signifikansi 0.05. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa , dengan . Karena nilai  maka  ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan rerata antara kelompok ekspe-rimen dengan kelompok kontrol. Jadi kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran mempe-ngaruhi prestasi belajar matematika siswa (model pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional).

Kata kunci: Pembelajaran Think Pair Share, konvensional, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.