EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN TGT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI EQ SISWA

Sukaryono .

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada model pembelajaran TGT; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan EQ tinggi lebih baik daripada siswa dengan EQ sedang maupun rendah; (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan EQ siswa. Penelitian ini merupakan model penelitian True Experimental. Populasi penelitian semua siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Banyuurip. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, subjek penelitian berjumlah 67 siswa yang terdiri 34 siswa SMP 26 Purworejo dan 33 siswa SMP 33 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% dengan kesimpulan sebagai berikut: (1) prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT tidak lebih baik daripada penerapan model TGT; (2) siswa yang EQ nya tinggi tidak lebih baik dari pada siswa yang EQ nya sedang maupun rendah dalam prestasi belajar matematika; (3) tidak terdapat kombibasi efek atau interaksi antara penerapan model pembelajaran NHT dan TGT dengan perbedaan EQ siswa terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: NHT, TGT, EQ, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.