EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO 2012/2013

Tri Hadyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) lebih baik dibanding dengan model pembelajaran konvensional pada operasi hitung bentuk aljabar terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji statistik menggunakan uji t. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VIII semester I SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: model pembelajaran, Think Pair Share, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.