HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP TAKHASUS NURIL ANWAR PURWOREJO

Agung Prakosa

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara : (1) self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika (2) kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika (3) self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis assosiatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Takhasus Nuril Anwar sebanyak 128 siswa. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 32 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,553; 0,874; 0,587 dan thitung sebesar: 3,634; 9,833; Fhitung sebesar: 7,467. Pengujian hipotesis menunjukan thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel maka dapat dikatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika, (2) kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika.

Kata kunci: self-efficacy, kecemasan matematika.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.