PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE

Yulia Khayatul Mahmudah, Supriyono Supriyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) pemahaman konsep siswa; (2) Komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran IMPROVE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan pelaksanaan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D MTs Negeri Loano tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep ditunjukkan dengan perolehan hasil tes evaluasi pemahaman konsep pada siklus I dengan rerata persentase yaitu 41,9% dalam kategori kurang sekali, dengan memberikan latihan-latihan soal tentang fungsi kemudian meningkat menjadi 80,6% dalam kategori baik pada siklus II. 2) komunikasi matematis siswa ditunjukkan dengan perolehan hasil observasi komunikasi matematis pada siklus I sebesar 44,5% dalam kategori kurang sekali, dengan membimbing siswa menggunakan pertanyaan yang membangun pengetahuan agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya atau menjawab pertanyaan kemudian meningkat menjadi 79,5% dalam kategori baik pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa.

 

Kata kunci: pemahaman, komunikasi matematis, IMPROVE


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070