PENGARUH MODEL NHT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KERJASAMA BELAJAR PADA SISWA SMP

Wita Rahayu, Teguh Wibowo, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama  belajar yang dikenai model NHT lebih baik dari model konvensional pada siswa SMP, (2) pembelajaran dengan model NHT efektif digunakan pada siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 40 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat kemudian dilanjutkan dengan uji-t univariat. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama  belajar yang dikenai model NHT berbeda dengan Kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama  belajar yang dikenai model konvensional. Berdasarkan uji univariat diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dikanai dengan model NHT tidak lebih baik dari model konvensional, sedangkan untuk kerjasama  belajar yang dikenai model NHT lebih baik dari model konvensional (2) Pembelajaran dengan menggunakan model NHT tidak efektif digunakan pada siswa SMP.

Kata kunci: NHT, kemampuan pemecahan masalah, kerjasama belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.