HUBUNGAN KESIAPAN, SELF CONFIDENCE, DAN KECEMASAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Afriska Ari Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar, self confidence dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Puring. Sampel dalam pe-nelitian sebanyak 165 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Tek-nik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang positif antara: (1) kesiapan belajar dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) self confidence dengan prestasi belajar matema-tika dan signifikan; (3) kecemasan belajar dengan prestasi belajar matematika dan signi-fikan; (4) kesiapan belajar dan self confidence dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (5) self confidence dan kecemasan belajar dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (6) kesiapan belajar dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar ma-tematika dan signifikan; (7) kesiapan belajar, self confidence dan kecemasan belajar de-ngan prestasi belajar matematika tetapi tidak signifikan.

Kata kunci: kesiapan belajar, self confidence, kecemasan belajar dan prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.