PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Adi Harri Dwiyoga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan motivasi belajar matematika. (2) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VII semester II SMP Barata Purworejo tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Barata Bener yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi motivasi belajar dan butir soal tes untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Analisis data dengan menggunakan persentase dan rerata.Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) pada siklus I adalah 71,77% dan masih belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase motivasi belajar siswa mencapai 82,60% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. (2) Peningkatan hasil belajar yang dilakukan dengan tes evaluasi siklus I menunjukkan bahwa rerata nilai hasil belajar siswa adalah 74,50 dengan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai adalah 43,75%, hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan hasil belajar siswa meningkat menjadi 93,75. Dengan ketuntasan klasikal yang dicapai meningkat menjadi 93,75%, sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan. Penerapan model pembelajaran kooperatiftipe tipe TTW (Think-Talk-write) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Barata Bener.

Kunci kata : Motivasi, Hasil Belajar, TTW (Think-Talk-Write)


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070