PENINGKATAN TASK COMITMMENT DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI

Desi Ari Andayani, Supriyono Supriyono, Nila Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan task commitment dan hasil belajar menggunakan metode resitasi. Dilaksanakan pada kelas VII-B MTs Ma’arif NU Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes hasil belajar ranah kognitif pada setiap siklus. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitiatif. Task commitment siswa pada siklus I menunjukkan masih ada siswa  yang tidak mengerjakan tugas dan seenaknya sendiri dan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa semakin rajin mengerjakan tugas dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Pada siklus I mencapai persentase task commitment 58% ,  persentase  angket task commitment 66,40%, persentase hasil belajar ranah psikomotoris 63,06%, dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus II mencapai persentase task commitment 70%, persentase  angket task commitment 72,12%, persentase hasil belajar ranah afektif 73,21%, persentase hasil belajar ranah psikomotoris 73,89%, dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 70%.

 

Kata kunci: Task Commitment, Hasil Belajar, Resitasi


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070