HUBUNGAN DISPOSISI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMP

Afria Sulis Setyaningsih, Mujiyem Sapti, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara: disposisi matematis terhadap pemahaman konsep, komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep, dan disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep pada siswa SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Purworejo tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 192 siswa dengan sampel 63 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data komunikasi matematis dan pemahaman konsep sedangkan angket untuk memperoleh data disposisi matematis. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik. Hasil penelitian diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara (1) disposisi matematis terhadap pemahaman konsep terhadap koefisien korelasi kendal tau 0,54 dan siginifikansi korelasi 8,28, (2) komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep terhadap koefisien korelasi kendal tau 0,55 dan siginifikansi korelasi 6,39, dan (3) disposisi matematis dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep terhadap koefisien korelasi 26,02 dan signifikansi korelasi 4839,72.

Kata kunci: disposisi matematis, komunikasi matematis, pemahaman konsep

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070