PENERAPAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN SISWA SMP

Rina Muji Lestari, Mujiyem Sapti, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa kelas VII E SMP N 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dengan model treffinger. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini 32 siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo. Data diperoleh menggunakan metode observasi dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri meningkat dari 63,50% dengan predikat cukup pada siklus I, menjadi 75,78% dengan predikat baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan siswa yaitu dari 63,50% dengan predikat cukup pada siklus I, menjadi 76,89% dengan predikat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model treffinger dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Purworejo.

Kata kunci: kepercayaan diri, keaktifan siswa, treffinger.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070