PENERAPAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI, PEMAHAMAN KONSEP, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Ahmad Munir, Supriyono Supriyono, Isnaeni mariyam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan percaya diri, pemahaman konsep, prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran QD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Purworejo. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model QD dapat meningkatkan 1) percaya diri yaitu siswa mampu mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya. Perolehan rerata hasil observasi percaya diri pada siklus I sebesar 75% dan siklus II menjadi 80% dengan kategori baik. 2) Pemahaman konsep matematika yaitu siswa dapat menyajikan kembali suatu konsep matematika dan perolehan rerata persentase hasil tes pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 71,43% dan siklus II menjadi 85,83% dengan kategori sangat baik. 3) Prestasi belajar siswa dengan perolehan rerata presentase hasil tes prestasi belajar diri siwa pada siklus I sebesar 63% dan siklus II menjadi 78% dengan kategori baik.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, percaya diri, prestasi belajar, quick on the draw


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.