PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKOTA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD

Dwi Septiyana, Bambang Priyo Darminto, Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar FPB dan KPK pada siswa kelas IV SD menggunakan alat peraga dakota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kalitengkek tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 22 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan metode tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian prestasi belajar siswa meningkat, ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata keseluruhan kelas dan ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas prasiklus yaitu 64,26 dengan ketuntasan belajar 43,48%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 77,95 dengan ketuntasan belajar 81,82%. Prestasi belajar siklus II mengalami penurunan dari siklus I, nilai rata-rata kelas siklus II yaitu 73,00 dengan ketuntasan belajar 63,64%. Sedangkan pada siklus III prestasi belajar meningkat dari siklus II, nilai rata-rata kelas siklus III yaitu 80,14 dengan ketuntasan belajar 86,36%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan alat peraga dakota dapat meningkatkan prestasi belajar materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN Kalitengkek tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: PTK, alat peraga dakota, prestasi belajar

 


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070