LEARNING TRAJECTORY DALAM PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN BERBALIK NILAI PADA SISWA BERKARAKTER UNIK

Indah Pratiwi, Mujiyem Sapti, Teguh Wibowo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui lintasan belajar (learning trajectory) siswa berkarakter unik, serta kendala yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa kelas VIII A berkarakter unik (siswa berimajinasi berlebihan dan kurang dapat menangkap makna atau kata dari percakapan teman tetapi siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran) di SMP Muhammadiyah Purworejo dan dilaksanakan selama 6 bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode triangulasi teknik hasilnya akan didapat dari perbandingan data yang didapat. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan learning trajectory siswa berkarakter unik lebih menggunakan feeling dan intuisi yang dimiliki siswa. Siswa tersebut saat memecahkan masalah  juga melewati beberapa langkah yang sesuai dengan algoritma peneliti dan algoritma yang dimulikinya sendiri. Siswa pun mengalami beberapa kendala diantaranya saat menjabaran unsur yang diketahui, mencari strategi dan menerapkan strategi tersebut ke dalam soal.

 

Kata kunci : learning trajectory, unik


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.