HUBUNGAN KONSEP DIRI, KEPERCAYAAN DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Heri Minarsih, Nila Kurniasih, Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri, kepercayaan diri dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara : 1) konsep diri dengan prestasi belajar matematika yang berarti semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya, 2) kepercayaan diri dengan prestasi belajar matematika yang berarti semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya, 3) kreativitas dengan prestasi belajar matematika yang berarti semakin tinggi kreativitas maka semakin tinggi prestasi belajarnya, 4) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara konsep diri, kepercayaan diri dan kreativitas dengan prestasi belajar yang berarti semakin tinggi konsep diri, kepercayaan diri, dan kreativitas maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Tetapi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sangat lemah.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.