EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sena Dwi Hastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah (1) prestasi dengan model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori, (2) prestasi pada kemandirian tinggi lebih baik daripada sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran pada kemandirian terhadap prestasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) prestasi dengan model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori, (2) prestasi pada kemandirian tinggi sama dengan sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran pada kemandirian terhadap prestasi.

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070

maltepe escort alanya escort pendik escort http://www.pendikliler.com/ kartal escort jigolo olmak istiyorum zengindulbayanlar jigolo üyeligi olgun bayanlar jigolo ilanları kartal escort maltepe escort ümraniye escort ataşehir escort ataşehir escort kartal escort kartal escort kartal escort maltepe escort maltepe escort jigolo arayan bayanlar jigolo hizmeti jigolo beylikduzu koltuk doseme jigolo sitesi porno izle ankara escort türk porno ankara escort eryaman escort izmir masöz travesti porno ankara escort izmir escort izmir escort