EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sena Dwi Hastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah (1) prestasi dengan model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori, (2) prestasi pada kemandirian tinggi lebih baik daripada sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran pada kemandirian terhadap prestasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) prestasi dengan model pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada model ekspositori, (2) prestasi pada kemandirian tinggi sama dengan sedang, sedang lebih baik daripada rendah dan tinggi lebih baik daripada rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran pada kemandirian terhadap prestasi.

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070