DESKRIPSI KARAKTERISTIK PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oryzcha Manurra Masyitoh, Mujiyem Sapti, Mujiyem Sapti, Mita Hapsari Jannah, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penalaran proporsional siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah  30 siswa yang memiliki prestasi matematika tinggi, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai dengan bulan Agustus 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa kelas VII yang memiliki kategori pemikir proporsional bawah (0-4 karakteristik) berjumlah 5 siswa, 2) siswa yang memiliki kategori pemikir proporsional menengah (5-8 karakteristik) berjumlah 19 siswa, 3) siswa yang memiliki kategori pemikir proporsional tinggi (9-12 karakteristik) berjumlah 6 siswa. Dari 30 siswa yang diteliti ada 1 siswa yang memiliki 12 karakteristik pemikir proporsional.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.