ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA SISWA

Ade Eka Diana, Riawan Yudi Purwoko, Sriyono Sriyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah Polya (2) untuk mengetahui aspek kesalahan yang paling dominan bagi siswa selama proses penyelesaian soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling hingga dipilih kelas VII G yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode tes dan analisis data mengunakan analisis deskriptif. Kesalahan yang terjadi yaitu dalam kesalahan pemahaman konsep dan keterampilan komputasi. Kesalahan pemahaman konsep yang meliputi 1). Siswa salah dalam menyimbolkan, 2). Siswa salah dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematikanya, 3). Siswa salah dalam menggunakan rumus yang benar. Sedangkan kesalahan keterampilan komputasi meliputi 1). Siswa yang salah pada langkah awal akan menghasilkan perhitungan yang salah pada langkah berikutnya, 2). Siswa salah dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Aspek kesalahan yang paling dominan bagi siswa selama proses penyelesaian soal cerita matematika adalah aspek keterampilan komputasi. 

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070