PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA MATEMATIKA BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa (LAS) matematika berbasis inquiry learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP yang layak yaitu memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Berdasarkan hasil validasi LAS oleh ahli materi menunjukkan nilai 3,20 dengan klasifikasi “baik”, penilaian oleh ahli media menunjukkan nilai 3,00 dengan klasifikasi “baik”, sehingga dapat dikatakan valid karena memenuhi klasifikasi minimal baik. Hasil angket respon siswa didapatkan rata-rata 3,23 dengan klasifikasi “baik”, sehingga LAS dapat dikatakan praktis karena memenuhi klasifikasi minimal baik. Dari tes hasil belajar diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 63% dengan klasifikasi “baik”. Ini menunjukkan keefektifan pembelajaran menggunakan LAS karena memenuhi klasifikasi baik. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan uji gain sebesar 60,53% dengan klasifikasi “sedang”.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.