ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita non rutin pada siswa MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif fenomenologi dengan pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTs Ma’arif NU Pituruh sudah berpikir sesuai indikator penalaran matematis. Siswa mampu memperkirakan proses penyelesaian, hal tersebut terlihat pada saat siswa menulis informasi dan apa yang diketahui dari soal. Mampu menggunakan model untuk menyelesaikan permasalahan, hal tersebut terlihat pada saat siswa membuat rumus jumlah rusuk. Mampu menyusun argumen yang valid dengan langkah-langkah yang sistematis, hal tersebut terlihat pada saat siswa menganalisis masalah dan menghubungkan ide-ide dari permasalahan. Mampu menarik kesimpulan yang valid, serta mampu menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan permasalahan, hal tersebut terlihat pada saat siswa menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda-beda untuk menghasilkan produk baru.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.