EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN IOC TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Agus Riyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada model pembelajaran Inside Outside Circle pada komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain the matching static group comparison design (rancangan statis dengan pemadanan). Data dalam penelitian ini adalah data tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII B dan kelas VII C. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 2,022 dengan 𝛼 = 0,05 dan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 1,658. Hal ini menunjukan π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™. Oleh karena itu, π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” ∈ DK sehingga 𝐻0 ditolak, yang mengakibatkan 𝐻1diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada model pembelajaran Inside Outside Circle pada komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.Β 

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
JurnalΒ Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070