EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN IOC TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada model pembelajaran Inside Outside Circle pada komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain the matching static group comparison design (rancangan statis dengan pemadanan). Data dalam penelitian ini adalah data tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII B dan kelas VII C. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 2,022 dengan ๐ผ = 0,05 dan ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 1,658. Hal ini menunjukan ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐. Oleh karena itu, ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ โ DK sehingga ๐ป0 ditolak, yang mengakibatkan ๐ป1diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada model pembelajaran Inside Outside Circle pada komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.ย
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.idย , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.