ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Subjek yang diambil sebanyak enam siswa. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking pada siswa berkemampuan matematika tinggi memunculkan empat aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran ditunjukkan oleh kemampuan menemukan solusi masalah, keluwesan ditunjukkan oleh kemampuan mengidentifikasi dua kemungkinan penyelesaian masalah dengan sudut pandang yang berbeda, keaslian ditunjukkan oleh kemampuan mengeksplorasi pengetahuan yang telah dimilikinya, dan elaborasi ditunjukkan oleh kemampuan menciptakan suatu hal menjadi bentuk baru yang koheren.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.