PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Vina Melani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika dengan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah siswa kelas VIII A SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode tes, metode dokumentasi, dan metode observasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata persentase pemahaman konsep siklus I sebesar 42,42% dalam kategori kurang sekali, kemudian pada siklus II meningkat yaitu 78,79% dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pemebelajan CUPs dapat meningkatkan pemahaman konsep.

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070