PENGARUH READINESS DAN MOTIVATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANYUURIP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara readiness dan motivation baik secara terpisah maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif (assosiatif) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara readiness terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip, dimana dan ; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivation terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip, dimana dan ; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara readiness dan motivation terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip, dimana dan .
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i2.4375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.