HUBUNGAN SELF-EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Arumita Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano. Sampel dalam pe-nelitian ini sebanyak 184 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Ha-sil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara: (1) self-efficacy dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (3) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (4) self-efficacy dan motivasi belajar dengan presta-si belajar matematika dan signifikan; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (6) self-efficacy dan lingkungan ke-luarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (7) self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika tetapi tidak sig-nifikan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i2.4374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.