PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK

Ratih Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan metode Pair Check pada siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Pair Check dapat meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Purworejo. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan kemandirian belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa. Persentase kemandirian belajar siswa meningkat terlihat dari lembar observasi siswa dari 55,7% siswa pada siklus I menjadi 78,13% siswa pada siklus II dengan kategori baik. Peningkatan kemandirian belajar siswa diikuti dengan peningkatan rerata persentase pemahaman konsep matematika siswa dari 46,9% pada siklus I menjadi 78,13% pada siklus II.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i2.4362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.