PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitianini untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika; 2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep matematika; 3) Adakah pengaruh minat belajar dan kemampuan komunikasi matematis secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika siswa Semester 2 Kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dengan teknik regresi ganda. Subjek penelitian sebanyak 24siswa, dari populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo sebanyak 191 siswa menggunakan teknik Propotional Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal uraian untuk mendapatkan data komunikasi matematis, dan pemahaman konsep matemaika. Dan untuk minat belajar menggunakan angket. Hasil hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,43. (2) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep matematika, dengan ditunjukan koefisien korelasi sebesar 0,70. (3) Terdapat pengaruh minat belajar dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep matematika ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,73.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.