PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP di kecamatan Petanahan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 273 siswa dan sampel sebanyak 152 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket. Analisis data menggunakan uji korelasi Kendall Tau dan Kendall W. Hasil penelitian berurutan menunjukkan bahwa ada pengaruh: (1) berarti semakin baik kecerdasan emosional maka semakin baik pula prestasi belajar matematikanya; (2) berarti semakin baik minat belajar maka semakin baik pula prestasi belajar matematikanya; (3) berarti semakin baik kecerdasan emosional maka semakin baik pula minat belajarnya; (4) berarti semakin baik kecerdasan emosional dan minat belajar maka semakin baik pula prestasi belajar matematikanya.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.