PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana peningkatan (1) komunikasi matematis siswa (2) pemahaman konsep siswa kelas VII A MTs Padureso dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan, lembar observasi komunikasi matematis lisan, dan soal tes komunikasi matematis tertulis dan pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pem-belajaran Talking Stick dapat meningkatkan komunikasi matematis terlihat dari siswa sudah mampu dan aktif menjelaskan ide matematika secara lisan dan mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika serta dapat merumuskan generalisasi.Persentase komunikasi matematis lisan sebesar 66,07%,meningkat menjadi 76,48%. Persentase komunikasi matematis tertulis yang diukur dengan menggunakan tes juga mengalami peningkatan yaitu dari 71,49% meningkat menjadi 84,50%. Pemahaman konsep juga mengalami peningkatan yaitu dari 74,49% menjadi 85,27% terlihat dari siswa sudah dapat mengenal, mendefinisikan dan mem-persentasikan suatu konsep matematika.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.