PENGGUNAAN PMRI BERBANTUAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah pembelajaran menggunakan PMRI berbantuan e-learning Schoology menghasilkan aktivitas dan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada metode pembelajaran ceramah pada materi bangun segi empat kelas VII MTsN Bener tahun pelajaran 2016/2017, (2) mengetahui apakah penggunaan PMRI berbantuan e-learning Schoology efektif pada pembelajaran materi bangun segi empat kelas VII MTsN Bener tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Bener tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PMRI berbantuan e-learning Schoology memberikan aktivitas yang sama sedangkan untuk hasil belajar memberikan hasil yang lebih baik dari metode ceramah, (2) model pembelajaran PMRI berbantuan e-learning Schoology tidak efektif digunakan pada pembelajaran bangun segi empat.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.