PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self efficacy dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII C SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, tes, dokumentasi, catatan lapangan dan wawan-cara tidak terstruktur. Teknik analisis data secara kualitatif. Self efficacy siswa siklus I menunjukkan siswa belum yakin terhadap kemampuan menyelesaikan dan menghadapi tugas-tugas yang sulit, spesifik dan berbeda, serta belum yakin menghadapi tantangan. Pemahaman konsep matematika siswa siklus I menunjukkan siswa belum paham dan belum dapat mengubah konsep suatu bentuk representasi ke bentuk lain, mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep serta membandingkan dan membedakan konsep. Hasil penelitian siklus II siswa sudah yakin terhadap kemampuan diri sendiri, yakin terhadap kemampuan menyelesaikan dan menghadapi tugas-tugas yang sulit spesifik dan berbeda, serta yakin terhadap kemampuan menghadapi tantangan. Pemahaman konsep siswa dapat mengungkapkan kembali konsep yang dipelajari, memberikan contoh yang benar dan contoh yang salah, membedakan konsep, memaparkan konsep dalam berbagai bentuk, dan dapat menyelesaiakan soal dengan tepat. Disimpulkan, melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan self efficacy dan pemahaman konsep matematika.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.