PENERAPAN MODEL GUIDE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Nila Alfitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dan prestasi matematika belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo melalui model pembelajaran guide discovery.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.Teknik analisis secara kualitatif dengan triangulasi teknik data. Hasil aktivitas belajar matematika siswa siklus I menghasilkan rata-rata siklus I yaitu 45,5% dengan kategori “kurang”. Pada siklus II aktivitas belajar matematika siswa menghasilkan rata-rata presentase 85%“baik”. Rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa siklus I 47%  menjadi 80% dengan kaegori “baik” pada siklus II. Sehingga  dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guide discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.