PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SDM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan minat belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mirit melalui model pembelajaran kooperatif tipe SDM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SDM. Hasil penelitian dari hasil observasi dan angket siklus I menunjukkan bahwa siswa masih belum aktif dalam berdiskusi, belum berani mempresentasikan hasil pekerjaanya Hasil dalam persentase menunjukkan bahwa dari hasil observasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe SDM dapat meningkatkan minat belajar yaitu pada siklus I hasil observasi mencapai 73,96% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 80,77% dengan kategori baik, hasil angket pada siklus I mencapai 72,58% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 82,25% dengan kategori baik. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% dapat dikatakan kurang baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.