PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GEOMETRI DENGAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiproses pengembangan alat peraga geometri dengan permainan monopoli, serta mengetahui bagaimana kelayakan alat peraga geometri dengan permainan monopoli untuk siswa kelas V di SD Negeri Sriwedari 1 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Uji coba terbatas dilaksanakan pada 18 siswa kelas V.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis ahli media dan ahli materi memperoleh rerata 3,65 dan 3,55 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”, analisis kepraktisan memperoleh rerata 3,76 sehingga masuk kategori “ sangat baik”, analisis respon siswa memperoleh rerata 3,37 sehingga masuk kategori “ sangat baik” dengan dan presentase klasikal sebesar 88,89% dengan demikian alat peraga geometri dengan permainan monopoli layak digunakan untuk materi sifat-sifat bangun datar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.