PENGEMBANGAN LAS DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Farrah Umainah

Abstract


Penelitian ini bertujuan:menghasilkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang layak dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP kelas VII padamateri garis dan sudut. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen penelitian meliputi lembar penilaian ahli terhadap LAS, angket respon guru dan siswa, serta soal evaluasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, pengisian lembar penilaian, lembar angket respon, dan metode tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis, disimpulkan bahwa pengembangan LAS valid diperoleh penilaian dari segi materi yang dinilai oleh ahli denganrerata 3,00. Sedangkan penilaian segi media yang dinilai oleh ahli memperoleh rerata 3,67. LAS matematika mendapat respon baik dari guru dan siswa memperoleh presentase sebesar 80% dan 79,92%. Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan LAS selama pembelajaran berlangsung memperoleh presentase sebesar 65,63% yang memenuhi ke dalam kriteria cukup, sehingga dari analisis data yang diperoleh maka LAS dengan pendekatan discovery learning layak digunakan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.