PENGEMBANGAN LAS DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI SEGI EMPAT

Chory Ermawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan LAS dengan pendekatan PMRI yang valid, 2) praktis, dan 3) efektif pada materi segiempat yang sesuai untuk siswa SMP.Penelitian ini mengembangan bahan ajar LAS pada subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, angket, dan tes. Pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah model ADDIE. Berdasarkan analisis daridata yang didapat, disimpulkan bahwa:1) dari uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa RTV = 3,27, sehingga bahan ajar LAS dengan pendekatan PMRI masuk dalam kategori valid, 2) dari uji kepraktisan menunjukkan RS = 82,52% sehingga respon siswa tersebut termasuk dalam kategori positif yang artinya bahan ajar tersebut tergolong praktis dan tidak perlu revisi, 3) dari uji efektivitas diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 84,38%, dari persentase ketuntasan siswa tersebut, diketahui bahwa bahan ajar LAS dengan pendekatan PMRI merupakan bahan ajar yang efektif.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.