PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS ICT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran trigonometri berbasis ICT hasil penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, kuesioner, wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran trigonometri berbasis ICT. Hasil analisis kevalidan media pembelajaran trigonometri mendapatkan rerata skor 4,41. Hasil analisis kepraktisan media pembelajaran trigonometri mendapat rerata skor 4,49. Sedangkan persepsi siswa terhadap media pembelajaran trigonometri dinyatakan “baik” dengan rerata skor 3,715. Jadi, media pembelajaran trigonometri efektif. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan prestasi belajar siswa yang telah menggunakan media pembelajaran trigonometri. Pada perhitungan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa rerata prestasi belajar siswa lebih dari 70. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trigonometri berbasis ICT valid, praktis, dan efektif.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i1.4202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.