PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Eni Anisa Oktavia

Abstract


Penelitian pengembangan LKS matematika berbasis etnomatematika bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS sebagai sumber belajar. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi, angket lembar respon siswa dan angket lembar keterlaksanaan penggunaan LKS. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi LKS matematika berbasis etnomatematika dari empat validator yaitu tiga dosen ahli dan guru matematika rerata nilai 3,9 dengan percentage agreement sebesar 98,6% sehingga kategori sangat baik. (2) hasil keterlaksanaan proses kegiatan pembelajaran diperoleh rerata 3,5 dengan kategori baik. (3) hasil respon siswa terhadap LKS berbasis etnomatematika diperoleh persentase 82,5% dengan kategori sangat kuat. Dengan demikian, LKS berbasis etnomatematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i1.4196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.