PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika pada kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan dengan model 4-D , yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate).  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Purworejo. Insrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Pada setiap tahap pengembangan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk telah sesuai dengan tujuan pengembangannya. Pada uji efekitfitas diperoleh tobs = 3,61 dengan ttab = 1,64 sehingga H0 ditolak, artinya prestasi siswa yang dikenai pembelajaran dengan multimedia lebih baik daripada prestasi siswa yang tidak dikenai pembelajaran dengan multimedia.

 

Kata kunci: Pembelajaran matematika, Multimedia

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.4180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.