PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika pada kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan dengan model 4-D , yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Purworejo. Insrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Pada setiap tahap pengembangan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk telah sesuai dengan tujuan pengembangannya. Pada uji efekitfitas diperoleh tobs = 3,61 dengan ttab = 1,64 sehingga H0 ditolak, artinya prestasi siswa yang dikenai pembelajaran dengan multimedia lebih baik daripada prestasi siswa yang tidak dikenai pembelajaran dengan multimedia.
Kata kunci: Pembelajaran matematika, Multimedia
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.4180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.