EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada pendekatan pembelajaran kontekstual setelah diterapkan pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V semester II se-Gugus R.A Kartini. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dokumentasi dan tes yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama adalah 64,79 dan pada kelas eksperimen kedua adalah 65,78. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa tobs sebesar-0,392 dan ttabel sebesar 1,645 dengan DK = { t|t > 1,645 } sehingga tobs masuk daerah kritik. Jadi, hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI tidak lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan opersi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri se-Gugus R.A. Kartini kecamatan Buluspesantren tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: SAVI, kontekstual, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v2i1.413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.