PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP

Teguh Sugiharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika elektronik dan mengetahui kelayakan LKS matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning.Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reasearch and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.Berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis materi, menunjukkan bahwa perlu adanya  media pembelajaran elektronik agar siswa dapat lebih memahami konsep materi peluang. Melalui kegiatan ini dilakukan kajian terhadap LKS Matematika Elektronik dengan Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa SMP kelas VIII semester II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli media mencapai 83% dan ahli materi sebesar 80% dengan kategori sangat layak,  sehingga LKS ini layak digunakan pada uji coba terbatas dengan sedikit revisi. Respon siswa terhadap produk yang dikembangkan mencapai 83% dalam kategori sangat baik.Hasil tes prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata 77 dan mencapai ketuntasan sebesar 53%.Dapat disimpulkan bahwa LKS matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika elektronik membuat siswa tertarik untuk belajar matematika dan membantu siswa dalam menemukan konsep  materi secara mandiri dan itulah sisi positif dari produk hasil pengembangan ini.

 

Kata kunci: LKS matematika, elektronik, discovery learning


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.