PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (1) apakah kemandirian dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dari pada model konvensional. (2) apakah model pembelajaran Index Card Match lebih efektif dari pada menggunakan model konvensional. Populasi penelitian kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan observasi. Hasil analisis data dengan uji multivariat yang dilanjutkan dengan uji univariat diperoleh (1) kemandirian dan kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dari pada model konvensional. (2) model pembelajaran Index Card Match efektif digunakan.
Kata kunci:index card match, kemandirian, kepercayaan diri
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.