POTRET PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pedagogical Content Knowledge mahasiswa calon guru matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah dua mahasiswa calon guru matematika semester IV dengan indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.00. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan CoRe, PaP-eRs, dan Vignette. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pedagogical knowledge mahasiswa calon guru matematika sebagian besar poin pada CoRe terpenuhi. Kemudian untuk aspek content knowledge yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru matematika dengan indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.00 berada pada level 1 yaitu dapat mengungkapkan definisi dengan benar, menggunakan notasi yang tepat secara masuk akal, menafsirkan dan menggunakan representasi grafis dan representasi lainnya, dan melihat hubungan beberapa topik.
Kata kunci: pedagogical knowledge, content knowledge
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.