PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran CTL dapat memberikan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) pembelajaran dengan model pembelajaran CTL efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Prembun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Prembun Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, yaitu kelas VIIIB dan VIIIA. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji multivariat dan dilanjutkan uji univariat secara terpisah. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan: (1) kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) pembelajaran dengan model pembelajaran CTL efektif digunakan terhadap kelas VIII SMPN 1 Prembun. Sehingga model pembelajaran CTL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran di SMP.
Kata Kunci: CTL, konvensional, komunikasi matematis, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.