PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PAIR CHECK

Boby Sasangka

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, meliputi dua pertemuan untuk pelaksanaan pembelajaran dan satu pertemuan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada siklus I mencapai 69,91%, masuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada siklus II mencapai 77,83%, masuk dalam kategori baik. Dari hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh rerata prestasi belajar siswa mencapai 77,50 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Dari hasil tes evaluasi pada siklus II diperoleh rerata prestasi belajar siswa mencapai 78,67 dengan ketuntasan klasikal 80%. Jadi model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa juga terjadi peningkatan.

Kata Kunci : pair check, keaktifan, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.